Thursday, September 18, 2014

Monumen Hachiko di Stasiun Shibuya





Nama Hachiko mungkin sudah tidak asing lagi terdengar. Kisah mengharukan tentang kesetiaan seekor anjing yang menunggu tuannya di stasiun Shibuya sampai anjing ini meninggal. Kisah haru ini sudah mendunia sampai cerita Hachiko difilmkan di Jepang dan bahkan di Hollywood.

Jika anda berkunjung ke Tokyo, dan mengunjungi Stasiun KA Shibuya, sempatkan untuk singgah ke taman yang berada di depan pintu stasiun Shibuya. Di tengah keramaian kota Tokyo, taman ini sangat tertata dengan bersih dan nyaman. Anda juga dapat menemukan monumen Hachiko yang dibangun oleh warga Jepang untuk mendedikasikan dan menghormati kesetiaan Hachiko.


Meski patung yang sekarang ini merupakan patung kedua yang dibuat kembali pada tahun 1948, setelah patung pertama dilebur untuk dijadikan bahan senjata, patung ini tetap menjadi kebanggaan dan simbol kesetiaan bangsa Jepang. Patung Hachiko dibuat menghadap ke muka pintu stasiun persis dimana Hachiko menunggu majikannya pulang bekerja pada saat itu.


Kini monumen Hachiko menjadi salah satu destinasi para pelancong untuk sekedar istirahat di taman dan berfoto bersama patung Hachiko. Monumen Hachiko juga biasa dijadikan tempat titik temu (meeting point) bagi orang-orang yang memiliki janji bertemu. Hal ini dikarenakan Pilihan bertemu di Hachiko adalah pilihan yang mudah, mengingat Shibuya memiliki stasiun yang cukup banyak pintu keluar serta perempatan penyeberangan (mungkin terbesar di Tokyo, atau malah dunia).


No comments:

Post a Comment