Thursday, September 25, 2014

TAMAN BUNGA TERBESAR DI DUNIA

Taman Bunga Keukenhof



Bagi para pecinta bunga, jangan lewatkan kesempatan untuk datang ke taman unik ini. Akhir bulan April sampai penghujung Mei adalah waktu terbaik untuk berkunjung karena saat itulah semua bunga sudah mekar sempurna.


Keukenhof berarti Kebun Dapur  adalah   taman bunga yang terletak di Lisse, Belanda, dan merupakan taman bunga terbesar di dunia. Taman seluas 32 hektar ini memiliki koleksi lebih dari tujuh juta bunga Tulip, Daffodil, Hyacints serta jenis lainnya. Keukenhof memiliki 30 taman bunga terbesar di dunia yang menampikan jutaan bunga yang mekar tiap tahunnya. Dulu, taman ini merupakan bekas areal berburu sebelum akhirnya diubah menjadi taman bunga. Dan yang menjadi andalan di taman ini ialah koleksi bunga Tulipnya yang sangat beragam. Meski bunga Tulip sendiri berasal dari Turki tetapi dengan adanya taman bunga Keukenhof ini, Negeri Kincir Angin tersebut juga dikenal sebagai negeri bunga Tulip. Padahal tulip merupakan bunga nasional negara Iran dan Turki.






Keukenhof terletak tepatnya di Holland Selatan, di antara kota Hillegom dan Lisse, di selatan Haarlem dan baratdaya Amsterdam. Dan dapat dijangkau dengan bus dari stasiun bus Haarlem atau Leiden. Taman ini terletak di daerah bernama Duin en Bollenstreek.







Taman ini dibuat pada tahun 1949 oleh calon wali kota Lisse,  kota kecil  dekat Amsterdam.  Taman ini dibuat  untuk mewujudkan sebuah pameran bunga agar penanam bunga dari penjuru Belanda dan Eropa dapat memamerkan bunga yang akan membantu Belanda sebagai eksportir bunga terbesar di dunia. Dan mimpi itu terwujud dalam waktu 50 tahun.

Untuk karcis masuk, setiap pengunjung harus membayar 15 Euro (sekitar Rp 160.00) untuk orang dewasa dan anak-anak 7,5 Euro. Memang terbilang cukup mahal tetapi sangat sayang jika anda melewatkan taman bunga sebagai salah satu tujuan wisata anda di Belanda.

Di pertengahan bulan April tahun ini beberapa bunga seperti tulip dan hyacint sudah mulai menunjukkan mahkotanya yang berwarna-warni. Tema yang diusung Keukenhof kali ini adalah United Kingdom-The Land of Great Gardens, sebagai negara yang menginspirasi karena memiliki banyak taman indah.

Selain itu terdapat juga kincir angin dimana pengunjung bisa melihat pemandangan keseluruhan taman dari atas. Tak jauh dari sana, terdapat perahu yang akan mengantar pengunjung mengelilingi taman dan padang bunga.




Yang menarik pada setiap tahunnya terdapat Parade Bunga sepanjang 40 km mulai dari Noordwijk sampai ke Haarlem. Sekitar 20 kendaraan besar dan 30 mobil mewah yang telah dihiasi oleh bunga-bunga dengan dekorasi-dekorasi spesial. Sejumlah marching band juga turut memeriahkan rombongan peserta Parade Bunga tersebut.





No comments:

Post a Comment