Saturday, October 25, 2014

Air Mancur Keberuntungan

. Air Manaacur Trevi, Roma, Italia

AIR MANCUR TREVI DI ROMA ITALIA


Bagi Anda yang ingin mengunjungi objek wisata  dengan mitos-mitos unik di dalamnya, mungkin Trevi Fountain di Italia adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi.  Trevi Fountain merupakan air mancur bergaya Baroque Style terbesar di Ibu Kota  Italia, Roma dan merupakan salah satu air mancur yang paling terkenal di dunia.
Air mancur ini sangat kental dengan seni arsitektur Eropa pada abad 17. Hal tersebut terlihat dari banyaknya detail hiasan-hiasan berupa ukiran dan patung-patung di sekitarnya. Namun bukan sekedar keindahan arsitekturnya yang membuat wisatawan penasaran dengan objek wisata ini. Adanya mitos melempar koin ke dalam kolam air mancur membuat jutaan wisatawan dari seluruh penjuru dunia ingin membuktikan sendiri kebenarannya.
Bangunan yang oleh masyarakat setempat disebut Fontana di Trevi ini dibangun pada tahun 1732 berdasarkan perintah dari Paus Clement XII dan didesain oleh Nicola Salvi. Pembangunan air mancur ini baru selesai pada tahun 1762 setelah pekerjaannya sempat tertunda karena meninggalnya  Nicola Salvi pada tahun 1751. Giuseppe Pannini, seorang arsitek asal Italia yang kemudian melanjutkan pekerjaan ini dan kemudian mendesain cerita kiasan yang tergambar di patung Trevi Fountain yang sekarang. Patung-patung tersebut menggantikan rencana awal pembuatan patung Agrippa dan Trivia rancangan Nicola Salvi.
Air mancur yang erletak di Kota Roma ini mempunyai tinggi 26,3 m dan lebar 49,5 m dengan banyak patung-patung yang menambah eksotisme air mancur ini. Patung-patung tersebut bercerita mengenai “Taming of The Waters” atau cerita tentang seseorang yang menjinakan air.
Di bagian tengah air mancur digambarkan Neptunus atau Poseidon (sang dewa laut) sedang menaiki kereta tempur berbentuk kerang. Kereta tersebut ditarik oleh dua ekor monster laut berbentuk kuda yang dikemudikan oleh triton (dewa laut yang memiliki ekor berbentuk lumba-lumba). Di satu sisi terlihat kuda yang tenang dan patuh, sementara di sisi lain terlihat kuda yang sedang gelisah dan terkesan ingin membelot. Hal ini sesuai dengan sifat laut yang terkadang bersahabat namun dapat pula berubah menjadi berbahaya.
Pada bagian kiri Patung Neptunus terdapat relief Abudance (kemakmuran) yang sedang menuangkan air dari dalam kendi, sementara di sisi kanannya terdapat Salubrity (kesehatan) yang sedang memegang air yang sedang diminum oleh seekor ular. Cerita ini menggambarkan kisah pembangunan saluran air Aqua Virgo, dengan salah satu patung menggambarkan salah seorang pembangunnya, Agrippa. Palazzo (istana) Poli dengan desain yang selaras dengan Trevi mountain terlihat begitu padu menghias latar belakang air mancur ini.
Daya tarik utama dari Fontana di Trevi ini adalah mitos melemparkan koin ke dalam air kolamnya. Cara melemparnya adalah dengan membelakangi sisi air mancur dan jika berhasil melemparkannya ke dalam kolam maka dipercaya bahwa suatu saat kita akan kembali lagi ke kota penuh sejarah ini. Koin yang terkumpul di dalam kolam diperkirakan berjumlah €3000 setiap harinya. Uang ini kemudian digunakan untuk subsidi bagi warga miskin dan yang membutuhkan untuk digunakan berbelanja di sebuah supermarket di Kota Roma.
Untuk mengunjungi air mancur Trevi Fountain dari Fiumicio Airport Roma, Anda dapat menggunakan shuttle bus dengan biaya sekitar €8 (8 Euro) menuju pusat kota Roma. Namun Jika kita berada di sekitar kota Roma, maka alternatif perjalanan dapat ditempuh menggunakan kereta cepat  bawah tanah (subway) atau yang disebut dengan Metropolitana di Roma oleh masyarakat setempat. Anda hanya perlu mencari stasiun kereta bawah tanah terdekat dan memilih kereta yang berada di jalur B. Dengan merogoh kocek sekitar €1,5 (1,5 Euro) untuk single trip atau €6 (6 Euro) untuk paket satu hari perjalananan, Anda dengan cepat akan diantar hingga stasiun terdekat, yaitu Stasiun Colosseo. Kami menyarankan Anda untuk membeli tiket terusan selama satu hari karena tiket subway tersebut juga berlaku untuk metro, bus dan tram bersamaan. Jadi, satu tiket yang Anda beli dapat digunakan juga untuk menaiki transportasi lain tanpa harus membayar tiket lagi. Nah dari Stasiun Colloseo Anda hanya harus berjalan kaki sekitar 5-10 menit untuk akhirnya sampai di air mancur yang pesonanya seakan tak pernah habis ini.


No comments:

Post a Comment