Wednesday, October 1, 2014

地獄谷野猿公苑 Jigokudani Yaen Kōen

Taman Monyet Jigokudani

Jepang punya sebuah komplek pemandian air panas yang unik. Taman Monyet Jigokudani terletak di Yamanouchi, Distrik Shimotakai, Prefektur Nagano, Jepang. Kompleks Pemandian bernama Jigokudani Yaen Koen ini punya dua arti. Jigokudani berarti Lembah Neraka, sementara Jigokudani Yaen Koen sendiri berarti Taman Monyet Jigokudani. Nama " Lembah Neraka" seakan mewakili lokasi tempat pemandian itu berada. Berada persis di lembah sungai Yokoyu, Distrik Shimotakai, di sebelah utara prefektur Nagano, kondisi alamnya yang keras dengan suhu rendah dan tebing-tebing menjulang, namun di tengahnya terdapat sumber air panas yang menggelegak dan karena banyaknya uap dan air panas yang mendidih dari celah-celah retakan di tanah bekunya, ditambah dengan curamnya lembah, dinginnya udara, dan bahaya hutannya.


Daerah ini beriklim rendah, selama 4 bulan dalam setahun selalu terselimuti salju. Tempat ini terkenal akan banyaknya Monyet Jepang (Macaca fuscata), atau biasa disebut juga sebagai Monyet Salju, yang pergi ke lembah ini selama musim dingin, dan mencari makan di tempat lain pada bulan-bulan lain yang lebih hangat. Pada musim-musim hangat monyet-monyet ini biasa menyantap tumbuhan, buah-buahan, dan serangga. Monyet-monyet ini tidak makan daging dan ikan. Ketika musim dingin tiba, ketika semua tumbuhan mati, monyet-monyet ini pun menyantap ranting-ranting atau kulit pepohonan di sekitar mereka untuk bertahan hidup. Sejak tahun 1963, monyet-monyet ini turun ke lembah untuk mencari kehangatan selama musim dingin di onsen (sumber air panas) yang terletak di dasar lembah, dan pulang kembali ke dalam hutan jika malam sudah tiba.
Setiap hari, di saat musim dingin tiba monyet-monyet keluar dari hutan untuk berendam menghangatkan diri di air kolam. Monyet-monyet itu sendiri " baik hati" kompleks pemandian itu tidak mereka monopoli sepenuhnya. Beberapa pemandian, yang ada di kompleks itu masih bisa digunakan para wisatawan, yang berniat berendam sambil melihat tingkah unik para monyet lucu yang tengah berendam. 

















No comments:

Post a Comment